Pengaruh Ukuran Perusahaan, CSR, Capital Intensity dan Inventory Intensity terhadap Agresivitas Pajak pada Perusahaan Manufaktur
Keywords:
Ukuran perusahaan, Corporate social responsibility, Capital intensity, Inventory intensity, Agresivitas pajakAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, corporate social responsibility, capital intensity dan inventory intensity terhadap agresivitas pajak pada perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif asosiatif, yang melibatkan analisis regresi data panel untuk menguji hubungan antarvariabel menggunakan software Eviews versi 13. Populasi penelitian ini mencakup 30 perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2019-2023. Teknik purposive sampling diterapkan untuk menentukan sampel yang memenuhi kriteria penelitian. Proses analisis data dilakukan untuk mengidentifikasi pengaruh variabel independen, yaitu ukuran perusahaan, CSR, capital intensity, dan inventory intensity, terhadap variabel dependen berupa agresivitas pajak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model efek tetap, ukuran perusahaan dan corporate social responsibility tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap agresivitas pajak. Sedangkan, capital intensity memiliki pengaruh signifikan negatif, sementara inventory intensity memiliki pengaruh signifikan positif terhadap agresivitas pajak. Penelitian ini memberikan wawasan baru tentang faktor-faktor yang mempengaruhi strategi pengelolaan pajak perusahaan di Indonesia.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Aryandhita Kinanti Putri, Natali Yustisia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
