Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Promosi, dan Volume Penjualan terhadap Laba Bersih Perusahaan Manufaktur Subsektor Semen yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2021-2023
Keywords:
Biaya produksi, Biaya promosi, Volume penjualan, Laba bersih, Perusahaan manufakturAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh biaya produksi, biaya promosi, dan volume penjualan terhadap laba bersih pada perusahaan manufaktur subsektor semen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2021-2023. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan perusahaan. Teknik analisis yang diterapkan meliputi Analisis Statistik Deskriptif, Model Regresi Data Panel, Uji Pemilihan Model, Uji Asumsi Klasik, Analisis Regresi Linear Berganda, Koefisien Determinasi, Uji t, dan Uji F dengan menggunakan software SPSS untuk menguji pengaruh parsial dan simultan dari variabel-variabel tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa biaya produksi memiliki pengaruh positif signifikan terhadap laba bersih, sedangkan biaya promosi memiliki pengaruh negatif signifikan. Volume penjualan, di sisi lain, tidak menunjukkan pengaruh signifikan terhadap laba bersih. Secara simultan, ketiga variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap laba bersih perusahaan. Kesimpulannya, pengelolaan biaya produksi dan promosi yang efektif penting untuk meningkatkan profitabilitas. Implikasi penelitian ini merekomendasikan agar perusahaan menganalisis setiap tahapan produksi karena biaya produksi, biaya promosi, dan volume penjualan membawa pengaruh terhadap laba bersih perusahaan.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Akbar Rizky Muharram, Muhammad Hanif Nurfalah, Ni Kadek Ayu Riskyana, Resty Rachmawati Sholekha, Tiolina Evi Nausta Pardede

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
