CELEBRITY ENDORSEMENT MENGHASILKAN HUBUNGAN MEREK DIRI DAN KUALITAS HUBUNGAN PADA KONSUMEN ONLINE SHOPPING INDONESIA

Authors

  • Meta Andriani Mahasiswa Perbanas Institute
  • Jessica Putri Adhy Jusuf STIE Indonesia Banking School

Keywords:

relationship quality, self-brand connection, endorser credibility, trustworthiness

Abstract

Penelitian ini merupakan modifikasi atas model endorser credibility yang telah diuji pada penelitian terdahulu. Penelitian ini menguji kembali trustworthiness, attractiveness, dan expertise sebagai indikator terhadap endorser credibility yang kemudian dapat mempengaruhi self-brand connection dan relationship quality. Penelitian ini membahas endorser credibility karena terdapat peningkatan penggunaan endorsement oleh suatu merek atau produk dengan seseorang yang dianggap berpengaruh dan karena sedikitnya penelitian akan konteks ini. Penelitian ini dilakukan menggunakan motede kuantitatif dengan melakukan penyebaran kuesioner online pada 100 responden yang memenuhi kriteria yaitu mengetahui Cinta Laura dan merek The Body Shop. Pengolahan data dilakukan melalui aplikasi SEM PLS. Penelitian ini memiliki tiga dimensi terhadap endorser credibility yaitu trustworthiness, attractiveness, dan expertise. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa trustworthiness dan attractiveness memiliki pengaruh positif terhadap endorser credibility, sedangkan expertise memiliki efek negatif terhadap endorser credibility. Kredibilitas endorser berdampak positif akan self-brand connection dan relationship quality. Indikator relationship quality seperti trust, commitment, dan social benefits juga memiliki pengaruh positif.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2021-07-25