PENGARUH BEBAN PAJAK, MEKANISME BONUS, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP TRANSFER PRICING (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2017 - 2019)
Keywords:
Beban Pajak, Mekanisme Bonus, Ukuran Perusahaan, , Transfer PricingAbstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menganalisis dan mendapat bukti empiris pengaruh beban pajak, mekanisme bonus dan ukuran perusahaan terhadap Transfer Pricing pada perusahaan Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2017-2019. Data yang digunakan pada penelitian ini diperoleh dari laporan keuangan perusahaan manufaktur sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2017 – 2019. Metode sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling dan teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda yang meliputi uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Total sampel dalam penelitian sebanyak 24 perusahaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Beban Pajak tidak berpengaruh terhadap Transfer Pricing, Mekanisme Bonus berpengaruh terhadap Transfer Pricing, dan Ukuran Perusahaan tidak berpengaruh terhadap Transfer Pricing dan penelitian membuktikan secara simultan bahwa Beban Pajak, Mekanisme Bonus dan Ukuran Perusahaan berpengaruh terhadap Transfer Pricing.