PENGARUH SISTEM PENGENDALIAN INTERN, PELAPORAN, DAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP AKUNTABILITAS KINERJA INSTANSI PEMERINTAH

Authors

  • Pandu Haryanto Sekolaha Tinggi Ilmu Ekonomi Y.A.I , Jakarta Pusat
  • Ratih Tri Andayan, S.Ak Sekolaha Tinggi Ilmu Ekonomi Y.A.I , Jakarta Pusat

Keywords:

Akuntabilitas Kinerja, Sistem Pengendalian Intern, Sistem Pelaporan, Pemanfaatan Teknologi Informasi.

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan untuk  menguji pengaruh  Sistem  Pengendalian Intern, Sistem Pelaporan dan Pemanfaatan Teknologi Informasi terhadap Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah pada satuan kerja di Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik  Indonesia. Populasi dalam  penelitian  ini adalah  PNS di seluruh unit  kerja Badan  Pengawas Obat  dan  Makanan.  Metode pengambilan  sampel  menggunakan metode purposive sampling. Kriteria tertentu yang menjadi sampel adalah PNS dengan jabatan fungsional perencana dan anggota tim monitoring  dan evaluasi tahun 2023 sejumlah 115  orang sebagai responden. Teknik pengumpulan data dengan metode survei menggunakan instrumen berupa kuesioner. Analisis data penelitian ini menggunakan SmartPLS versi 4 dengan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa Sistem Pengendalian Intern, Sistem Pelaporan dan Pemanfaatan Teknologi Informasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah pada Satuan Kerja di Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia. Implikasi dari penelitian ini yaitu dengan diterapkannya sistem pengendalian intern dan sistem pelaporan yang baik, serta pemanfaatan teknologi informasi secara optimal yang didukung oleh fasilitas internet yang memadai dapat meningkatkan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah.

Kata  Kunci:    Akuntabilitas Kinerja,  Sistem  Pengendalian Intern,  Sistem  Pelaporan, Pemanfaatan Teknologi Informasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-12-31