Pemberdayaan Masyarakat Desa Ligarmukti Melalui Digitalisasi UMKM
Kata Kunci:
Desa Ligarmukti, UMKM, Masyarakat, Digitalisasi MarketingAbstrak
Desa Ligarmukti yang terletak di Kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor, merupakan daerah dengan potensi perekonomian daerah yang cukup signifikan, terutama pada sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). UMKM di desa ini memegang peranan penting dalam menyediakan lapangan pekerjaan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Namun demikian, berbagai tantangan seperti keterbatasan akses pasar, rendahnya literasi digital, dan minimnya pemanfaatan teknologi informasi masih menjadi kendala utama dalam pengembangan UMKM di Ligarmukti. Dengan hadirnya pengabdian kepada masyarakat yang digagas oleh Perbanas Institute bertajuk Pemberdayaan Masyarakat Desa Ligarmukti Melalui Digitalisasi UMKM, maka diharapkan warga Desa Ligarmukti memahami tentang berwirausaha yang baik dan dapat bersaing dengan masyarakat di luar Desa Ligarmukti, apalagi ditambah dengan edukasi tentang digitalisasi pemasaran yang memungkinkan masyarakat Desa Ligarmukti memasarkan hasil produksi melalui platform e-commerce dan media sosial lainnya, sehingga akan meningkatkan omzet sehingga pendapatan meningkat dan pada gilirannya kesejahteraan masyarakat Desa Ligarmuktipun meningkat. Disarankan pengabdian kepada masyarakat ini berkelanjutan sehingga seluruh pengetahuan digitalisasi UMKM dapat dipahami
