Pemberdayaan Masyarakat Desa Ligarmukti Melalui Digitalisasi UMKM

Penulis

  • Hikmah Abdul Rahman Institut Keuangan-Perbankan dan Informatika Asia Perbanas
  • Markonah Markonah Institut Keuangan-Perbankan dan Informatika Asia Perbanas
  • Achmad Syauqi Ilal Jinan Institut Keuangan-Perbankan dan Informatika Asia Perbanas
  • Puti Gisella De Fritz Institut Keuangan-Perbankan dan Informatika Asia Perbanas

Kata Kunci:

Desa Ligarmukti, UMKM, Masyarakat, Digitalisasi Marketing

Abstrak

Desa Ligarmukti yang terletak di Kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor, merupakan daerah dengan potensi perekonomian daerah yang cukup signifikan, terutama pada sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). UMKM di desa ini memegang peranan penting dalam menyediakan lapangan pekerjaan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Namun demikian, berbagai tantangan seperti keterbatasan akses pasar, rendahnya literasi digital, dan minimnya pemanfaatan teknologi informasi masih menjadi kendala utama dalam pengembangan UMKM di Ligarmukti. Dengan hadirnya pengabdian kepada masyarakat yang digagas oleh Perbanas Institute bertajuk Pemberdayaan Masyarakat Desa Ligarmukti Melalui Digitalisasi UMKM, maka diharapkan warga Desa Ligarmukti memahami tentang berwirausaha yang baik dan dapat bersaing dengan masyarakat di luar Desa Ligarmukti, apalagi ditambah dengan edukasi tentang digitalisasi pemasaran yang memungkinkan masyarakat Desa Ligarmukti memasarkan hasil produksi melalui platform e-commerce dan media sosial lainnya, sehingga akan meningkatkan omzet sehingga pendapatan meningkat dan pada gilirannya kesejahteraan masyarakat Desa Ligarmuktipun meningkat. Disarankan pengabdian kepada masyarakat ini berkelanjutan sehingga seluruh pengetahuan digitalisasi UMKM dapat dipahami

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-21

Terbitan

Bagian

Articles