EFEKTIVITAS PEMBERDAYAAN E-COMMERCE TERHADAP PENINGKATAN WIRASUSAHA SANTRI
DOI:
https://doi.org/10.56174/jap.v1i1.336Keywords:
E-Commerce, Pelatihan, Pemberdayaan, Uji Beda, WirausahaAbstract
Pemberdayaan E-Commerce dalam bentuk pelatihan bagi para santri pondok pesantren (ponpes) Hidayatullah Bogor bertujuan meningkatkan pengetahuan mereka mengenai manfaat E-Commerce untuk memasarkan produk secara digital. Pelatihan dilakukan dalam beberapa tahap, pertama pre-test sebelum pelatihan, kedua pelatihan dengan metode pemaparan, diskusi dan simulasi dan yang ketiga post test sesudah pelatihan untuk melihat perbedaan peningkatan pengetahuan tentang E-Commerce. Data dari hasil kedua test tersebut diuji secara statistik dengan analisis uji beda. Pasca pelatihan dilakukan monitoring dan evaluasi atas pembuatan akun bisnis di beberapa platform E-Commerce ternama di Indonesia. Selain pelatihan para santri diberikan pendampingan mulai dari produksi hingga pelaporan hasil penjualan. Hasil statistik menunjukkan adanya perbedaaan tingkat pengetahuan sebelum dan sesudah pelatihan dengan nilai uji t sebesar 4.407 atau lebih besar dari 1,96 pada taraf 95%. Rata-rata pemahaman istilah E-Commerce para santri meningkat setelah diberi pelatihan dari 3.78 menjadi 10. Berdasarkan laporan penjualan produk, keuntungan dari wirausaha santri ini juga meningkat secara signifikan. Dari hasil akhir tersebut dapat disimpulkan bahwa pemberdayaan E-commerce yang diberikan telah berjalan secara efektif karena adanya peningkatatan baik dari pengetahuan santri maupun pendapatan atas wirausahanya.