Pelatihan Digital Marketing Pada Marketplace Sebagai Strategi Peningkatan Penjualan Produk UMKM Pulo Gadung Jakarta Timur Pada Masa New Normal

Authors

  • Elmira Siska Universitas Bina Sarana Informatika
  • Dwi Atmojo Wismono Prapto Perbanas Institute

DOI:

https://doi.org/10.56174/jap.v2i2.422

Keywords:

Perkembangan Teknologi, Internet, UMKM, Digital Marketing, Marketplace

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi yang diikuti oleh penggunaan internet yang semakin luas, merupakan peluang bagi UKMM dalam mengembangkan jaringan pemasaran, baik nasional maupun internasional. Permasalahannya adalah masih rendahnya penggunaan digital marketing oleh pelaku UMKM.  Berdasarkan data yang dirilis oleh Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah menyatakan bahwa pada tahun 2019 dari 56 juta UMKM, hanya 3.75 juta atau sekitar 8 persen yang sudah memanfaatkan digital marketing. Pada tahun 2020, jumlah ini sudah meningkat menjadi 10,3 juta pelaku UMKM yang terjaring ke dalam bisnis digitali. Pemerintah menargetkan sebanyak 30 juta UMKM masuk ekosistem digital pada tahun 2024. Digitalisasi UMKM tidak hanya bisa memasarkan produk dan layanan melalui marketplace. Pelaku UMKM yang sudah ada di marketplace harus bertahan dan memiliki transaksi berkelanjutan.

Untuk membantu mensukeskan target pemerintah, IKPIA Perbanas sebagai salah satu perguruan tinggi di Indonesia juga memiliki kewajiban untuk memberikan pelatihan kepada pelaku UMKM. Dalam hal ini adalah pelatihan “Digital Marketing pada Marketplace untuk meningkatkan penjualan produk UMKM”. 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-10-02