PENGARUH PENGUMUMAN PEMBELIAN KEMBALI SAHAM (BUYBACK) TERHADAP REAKSI PASAR PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2019-2021
Keywords:
Buyback, Abnormal Return, Trading Volume ActivityAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pengumuman pembelian kembali saham (buyback) terhadap reaksi pasar pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2019-2021. Sampel yang digunakan sebanyak 45 perusahaan dari seluruh sektor yang di Bursa Efek Indonesia dan melakukan pengumuman pembelian kembali saham (buyback). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa harga saham dan volume perdagangan saham perusahaan terkait. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu event study. Teknik analisis data yang digunakan untuk penelitian ini adalah uji normalitas yaitu Kolmogrov-Smirnov, dilanjutkan dengan uji Mann Whitney Test untuk hipotesis 1 dan 2 sementara Uji Wilcoxon Signed Rank Test untuk hipotesis 3 dan 4 dengan tingkat signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini adalah tidak terdapat perbedaan signifikan terhadap variabel average abnormal retun maupun variabel average trading volume activity sebelum dan sesudah pengumuman pembelian kembali saham (buyback).
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Muhammad Rizki Pratama; Primadonna Ratna Mutumanikam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.