PENGARUH PENGUMUMAN PEMBELIAN KEMBALI SAHAM (BUYBACK) TERHADAP REAKSI PASAR PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2019-2021

Authors

  • Muhammad Rizki Pratama Perbanas Institute
  • Primadonna Ratna Mutumanikam Perbanas Institute

Keywords:

Buyback, Abnormal Return, Trading Volume Activity

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pengumuman pembelian kembali saham (buyback) terhadap reaksi pasar pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2019-2021. Sampel yang digunakan sebanyak 45 perusahaan dari seluruh sektor yang di Bursa Efek Indonesia dan melakukan pengumuman pembelian kembali saham (buyback). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa harga saham dan volume perdagangan saham perusahaan terkait. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu event study. Teknik analisis data yang digunakan untuk penelitian ini adalah uji normalitas yaitu Kolmogrov-Smirnov, dilanjutkan dengan uji Mann Whitney Test untuk hipotesis 1 dan 2 sementara Uji Wilcoxon Signed Rank Test untuk hipotesis 3 dan 4 dengan tingkat signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini adalah tidak terdapat perbedaan signifikan terhadap variabel average abnormal retun maupun variabel average trading volume activity sebelum dan sesudah pengumuman pembelian kembali saham (buyback).

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-04-11