MENUMBUH KEMBANGKAN PEMANFAATAN LAHAN PEKARANGAN PANTI ASUHAN SEBAGAI LADANG KEWIRAUSAHAAN DI DESA TURIDE TIMUR KOTA MATARAM

  • Triana Lidona Aprilani
  • Halpiah Halpiah
  • Narita Amni Rosadi

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat merupakan suatu media untuk menjembatani dunia pendidikan dengan masayarakat, dimana perekonomian dihadapkan pada masalah bagaimana agar warga masyarakat mampu menghadapi tantangan Era Revolusi Industri 4.0 saat ini. Salah satu menariknya kegiatan pengabdian kepada masyarakat pada tahun 2020 ini, berdasarkan hasil sensus dalam rangka perapihan data potensi desa khususnya Desa Turide Timur Kecamatan Sandubaya Kota Mataram, diperoleh data dari hasil observasi dan wawancara, terdapat Panti Asuhan “Hidayaturrahman” di Turide Timur berlokasi di Jalan Lalu Mesir Sandubaya Cakranegara yang belum terjamah dan sangat membutuhkan perhatian dan dukungan dengan menggalakkan program “Menumbuhkembangkan Pemanfaatan Lahan Pekarangan Sebagai Ladang Kewirausahaan” terhadap anak-anak Panti Asuhan khusunya, yang tentunya berdampak pada kesejahteraan hidup mereka. Dari hasil wawancara dengan pemilik Yayasan Panti Asuhan “Hidayaturrahman”, masih sangat kurangnya sarana dan prasarana dan kelompok atau individu yang mendatangi Panti Asuhan untuk memberikan sosialisasi ilmu pengetahuan kepada anak-anak Panti Asuhan untuk program yang berkaitan dengan kegiatan ini. Info dari pemilik Yayasan, kelompok atau individu pemberi donasi hanya berkunjung memberikan sumbangan saja berupa materi dan non materi hingga saat ini. Selain itu juga masyarakat Desa Turide Timur Kecamatan Sandubaya pada umumnya, belum ada lembaga swadaya masyarakat yang bergerak secara aktif dalam pemanfaatan lahan pekarangan yang dapat dijadikan wadah bagi masyarakat sekitar untuk berwirausaha dan berkeinginan untuk meningkatkan pendapatan hidup mereka. Demi keberlangsungan kegiatan pengabdian masyarakat ini, maka digunakanlah metode yang dapat dicerna dan diserap langsung oleh anak-anak Panti Asuhan yakni; Metode “discussion and coaching in action”. Metode ini dapat kiranya melahirkan strategi yang tepat sekaligus menumbuhkan minat belajar anak-anak di Panti Asuhan “Hidayaturrahman” yakni strategi meningkatkan kreativitas, strategi menumbuhkan ide dan gagasan serta strategi membangun lingkungan yang sehat dan kondusif. Tujuan dari kegiatan ini, mereka akan menjadi seorang pengusaha milenial yang mampu berdiri sendiri. Dengan harapan mendatang, mereka tidak berhenti sampai disini saja dan akan terus berwiraswasta.

Published
2020-10-02
How to Cite
APRILANI, Triana Lidona; HALPIAH, Halpiah; ROSADI, Narita Amni. MENUMBUH KEMBANGKAN PEMANFAATAN LAHAN PEKARANGAN PANTI ASUHAN SEBAGAI LADANG KEWIRAUSAHAAN DI DESA TURIDE TIMUR KOTA MATARAM. Jurnal Abdimas Perbanas, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 30-42, oct. 2020. Available at: <http://journal.perbanas.id/index.php/JAP/article/view/341>. Date accessed: 25 feb. 2021.
Section
Articles